Berita

    Ketahui Arti Dari Sistem Kemudi Rack and Pinion & Cara Kerjanya.

    Steering system atau sistem kemudi mobil memiliki peranan penting yaitu untuk menggerakkan roda kemudi. Apa saja komponen yang ada pada steering system rack and pinion dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya. 

    Mengenal Komponen dan Cara Kerja Sistem Kemudi Mobil Rack and Pinion

    Cara kerja steering system rack and pinion berawal dari roda kemudi yang berputar lalu secara otomatis pelindung poros kemudi juga akan ikut berputar. 

    Sistem kemudi ini hadir sekitar tahun 1980an yang bekerja dengan cara memadukan komponen rack and pinion. Berikut cara kerja komponen yang terdapat pada sistem kemudi rack and pinion. 

    • Roda Kemudi 

    Merupakan roda gigi yang berbentuk pinion yang terhubung dengan sebuah batang menuju ke universal joint dan steering column. Roda gigi pinion ini kemudian dihubungkan ke bagian komponen yang menuju ke rack

    Cara kerja dari komponen ini adalah, pada saat roda gigi pinion berputar, maka rack akan secara otomatis juga akan bergerak kekiri atau kekanan untuk menggerakkan roda. 

    • Batang Kemudi

    Komponen kedua pada sistem kemudi mobil adalah batang rack yang berfungsi sebagai penerus gerak putar dari roda gigi pinion

    Batang kemudi ini akan merubah arah putar tersebut menjadi gerakan mendatar kekiri atau kekanan yang kemudian diteruskan menuju ke roda bagian depan. 

    • Ball Joint

    Komponen ball joint atau sambungan peluru ini berfungsi sebagai penghubung antar sambungan-sambungan yang terdapat pada sistem kemudi. 

    Terutama pada bagian sambungan lengan kemudi (steering linkage) yang terbuat dari sambungan baja yang lentur dan kuat. 

    • Rumah Rack

    Komponen ini disebut juga rumah gigi kemudi yang fungsinya sebagai tempat yang berbentuk silinder. Di bagian samping rumah rack ini memiliki fungsi sebagai tempat berupa silinder untuk piston pada power steering. 

    • Tie Rod

    Merupakan komponen pada sistem kemudi mobil rack and pinion yang berupa sambungan lengan kemudi. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penghubung dari rack melalui ball joint yang akan menuju knakel ke bagian roda.

    • Boot Steer