Berita

    Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Waspada Salah Ukuran

    Tekanan angin ban mobil ideal berbeda, tergantung pada jenis dan tipe masing-masing. Lebih tepatnya, jenis mobil dan asal pabrikan yang berbeda, membutuhkan tekanan angin yang tidak sama. 

    Namun hal yang pasti yaitu, tekanan angin tidak boleh terlalu tinggi dan jangan sampai terlalu rendah juga. Karena tekanan angin yang tidak sesuai bisa membahayakan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. 

    Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Mobil Ideal

    Mulai sekarang sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat ingin mengisi angin ban. Serta cari tahu berapa tekanan angin ban yang sesuai untuk kendaraan Anda.

    Sebenarnya cara mengetahui besaran tekanan angin ban mobil yang ideal cukup mudah. Anda tinggal membacanya di informasi tekanan ban (Tire-Loading Information). Tanda tersebut biasanya ada di pintu pengemudi.

    Ketika membuka pintu pengemudi, Anda dapat melihat tire loading information di bagian dalam pada  bagian kanan bawah dari jok pengemudi. Tandanya berupa stiker berbentuk kotak yang bertuliskan ukuran tekanan angin ban yang seharusnya. 

    Standar Ideal Tekanan Angin Ban Mobil 

    Jadi sebenarnya semua pabrik mobil telah menetapkan standar untuk tekanan angin ban mobil ideal. Rata-rata besaran tekanan angin mobil yang ada di Indonesia yaitu 28-33 psi (pound per square inch).

    Tipe mobil dan ukuran ban yang dipakai mempengaruhi besaran tekanan angin ban.Berikut ini perbedaan tekanan angin pada ban, jika dilihat dari tipe mobil:

    • Mobil tipe MPV : 33-36 psi
    • Mobil tipe SUV : 35 – 40 psi
    • Mobil tipe City Car : 30-36 psi
    • Mobil Tipe Sedan : 30-33 psi

    Anda juga dapat mempertimbangkan tekanan angin dari ukuran ban yang digunakan. Setiap jenis ban dengan diameter berbeda, membutuhkan tekanan angin yang berbeda juga. Bahkan pemberian angin pada ban depan dan belakang mobil pun ada yang tidak sama.

    Misalnya untuk ban mobil dengan diameter 15 dan 16, ban depan diberi tekanan angin 30-33 psi. Sedangkan ban bagian belakang diberi angin kisaran 30-36 psi. 

    Kemudian untuk ban berukuran lebih besar dengan diameter 18, ban depan dan ban belakang diisi tekanan angin antara 30-43 psi

    Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Angin Ban Mobil Ideal

    Selain dapat membahayakan, tekanan angin ban yang tidak ideal juga akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Karena itulah sebagai pengemudi Anda perlu tahu kapan tekanan angin harus ditambah.