Berita

    Wajib Tahu! Penyebab Mobil Mogok & Cara Mengatasinya

    Anda mungkin pernah mengalami satu momen ketika mobil mogok secara tiba-tiba. Solusinya adalah jangan langsung panik, melainkan langsung menepikan mobil dan mencari tahu terlebih dahulu apa yang membuat mobil tiba-tiba mogok. 

    Apakah karena kehabisan bahan bakar atau terdapat masalah di bagian mesin. Memang, merupakan hal yang wajar jika tidak semua pengemudi paham mengenai mekanikal mesin mobil. 

    Namun, setidaknya Anda perlu memiliki pengetahuan seputar penyebab terjadinya mogok demi mengurangi risiko yang bisa terjadi di jalan. Lantas, apa saja yang membuat mobil tiba-tiba mogok dan bagaimana cara mengatasinya? berikut penjelasannya. 

    Hal yang Membuat Mobil Mogok Mendadak 

    Pengecekan awal terhadap kondisi mobil perlu dilakukan untuk meminimalisir biaya perbaikan yang mungkin harus dikeluarkan. 

    Selain itu, Anda juga bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sebagai gambaran, berikut penyebab mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan.

           1. Aki Bermasalah 

    Umumnya, mobil yang mogok secara tiba-tiba disebabkan karena aki yang bermasalah. Hal ini bisa memengaruhi kinerja mesin dan komponen lainnya, terutama jika mobi dipaksa untuk melaju. 

    Itu sebabnya, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi aki. Sebaiknya, buatlah memo atau reminder kapan waktu penggantian oli.  

           2. Tersumbatnya Filter Bahan Bakar

    Jika bahan bakar di tangki mobil masih ada namun mobil tiba-tiba mogok, ada kemungkinan filter bahan bakarnya mengalami penyumbatan. Hal ini bisa terjadi karena tangki gas terkontaminasi saat proses pengisian bahan bakar berlangsung. 

    Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti filter bahan bakar yang posisinya berada di dekat blok mesin mobil. 

           3. Alternator Rusak

    Dinamo ampere atau alternator yang malfungsi juga bisa menyebabkan mobil mogok. Kerusakan tersebut ditandai dengan munculnya suara decitan pada mesin dan tercium aroma karet yang terbakar. 

    Bisa juga dilihat dari lampu indikator baterai aki menyala dan lampu sorot yang terlihat lebih redup. 

    Cara mengatasi permasalahan alternator yang rusak jika telah muncul salah satu tanda tersebut adalah segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.