Berita

    Bahaya Melakukan Modifikasi Mobil Sembarangan

    Bahaya modifikasi mobil sembarangan merupakan sebuah topik yang kerap tidak dipedulikan oleh pencinta otomotif. Nahasnya, ketidakpedulian tersebut andil dalam menyebabkan marabahaya bagi diri sendiri dan orang lain. 

    Secara singkat, ada berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan akibat modifikasi sembarangan, mulai dari cepat rusaknya mobil hingga meningkatnya risiko kecelakaan. Selengkapnya dapat Anda ketahui melalui pembahasan berikut!

    Beragam Bahaya Modifikasi Mobil Sembarangan

    Modifikasi kerap dilakukan untuk menambah kenyamanan dan memenuhi keinginan pemilik mobil. Namun, hal ini bisa menjadi boomerang bila dilakukan secara sembarangan. Berikut berbagai dampak negatif akibat modifikasi mobil sembarangan:

    • Mobil Lebih Cepat Rusak

    Setiap pabrik otomotif telah mempunyai standar saat memproduksi mobil. Standar tersebut telah teruji di berbagai bidang sehingga bisa mencegah kerusakan pada mobil jika digunakan sesuai fungsinya.

    Namun, hal tersebut bisa berubah jika dimodifikasi seenaknya. Oleh sebab itu, modifikasi tetap perlu memperhatikan pakem-pakem yang berlaku agar tidak merusak berbagai komponen penting di dalamnya.

    • Terkena Tilang

    Pemerintah telah menetapkan aturan mengenai modifikasi mobil dalam bentuk Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan aturan ini saat akan mengubah mobil kesayangan.

    ditilang polisiPexels.com

    Jika tidak sesuai dengan aturan tersebut, maka mobil akan rawan terkena tilang. Terlebih lagi, saat ini ada banyak kamera di jalanan yang bisa melakukan tilang secara elektronik.

    • Kesulitan di Jalan-Jalan Tertentu

    Bahaya modifikasi mobil sembarangan adalah kesulitan saat berada di jalan-jalan tertentu. Hal ini bisa terjadi jika Anda memodifikasi mobil sehingga roda terlalu mepet dengan body-nya.

    Jika roda terlalu mepet, maka Anda akan kesulitan mengendarainya saat berada di jalan bergelombang atau polisi tidur. Selain itu, Anda juga akan sulit untuk berbelok.

    • Tidak Nyaman Dikendarai

    Bahaya modifikasi mobil sembarangan dan berlebihan juga bisa membuatnya menjadi tidak nyaman dikendarai. Ketidaknyamanan ini akan berdampak pada tubuh pengendara yang cepat pegal atau pusing terutama jika berkendara dalam waktu lama.

    Selain pengendara, penumpang juga bisa merasakan ketidaknyamanan tersebut. Bahkan, penumpang bisa mengalami mual hingga muntah akibat tidak nyaman dengan mobil yang telah dimodifkasi.

    • Kesulitan untuk Melihat

    Banyak orang yang mengganti kaca film menjadi lebih gelap untuk melindungi mata saat menyetir di siang hari. Namun kaca film yang terlalu gelap akan membuat pengendara sulit untuk melihat saat malam tiba.

    Oleh sebab itu, pemilik mobil perlu memperhatikan kaca film yang dipilih agar sesuai standar. Dengan demikian, berkendara dapat dilakukan dengan nyaman baik di siang maupun malam hari.

    • Mengganggu Pengendara Lain

    Modifikasi yang sembarangan juga bisa mengganggu pengendara lain di jalan. Misalnya adalah penggunaan lampu yang membuat silau. Jadi, bahaya tersebut tak hanya berlaku pada diri sendiri saja, namun juga orang lain.

    • Meningkatnya Risiko Kecelakaan

    Berbagai modifikasi yang berlebihan bisa membuat risiko kecelakaan menjadi lebih meningkat. 

    Jika hal ini terjadi, maka bisa membahayakan diri sendiri, penumpang, maupun orang-orang lain yang berada di sekitar. Itulah mengapa modifikasi mobil perlu dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek keselamatan.

    Berbagai bahaya modifikasi mobil sembarangan perlu diperhatikan dengan baik. Dengan demikian, Anda tak akan merasakan dampak negatif dari modifikasi termasuk saat ingin mengubah mobil Suzuki baru yang telah diproduksi sesuai standar.