Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin! Cek Solusinya

    Bagi Anda pengendara mobil, tentu akan menghadapi berbagai permasalahan yang tidak dapat diprediksi. Salah satu masalah yang dapat dihadapi adalah mobil susah distarter saat mesin dingin. 

    Kondisi semacam ini biasanya terjadi pada versi mobil lawas. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mobil-mobil versi terbaru, karena diakibatkan oleh banyak faktor seperti komponen yang rusak dan masih banyak lagi. 

    Penyebab mobil sulit untuk distarter tidak hanya karena masalah besar, terkadang juga penyebabnya hanyalah masalah sepele. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini. 

    5 Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin dan Cara Mengatasinya

    Berikut ini beberapa masalah umum yang seringkali menjadi penyebab mobil Anda kesulitan untuk distarter:

            1. Adanya Masalah Pada Busi

    Apabila busi mobil bermasalah, entah karena kotor ataupun rusak, akan menyebabkan terhambatnya bunga api terbentuk sebagai proses awal pembakaran pada mesin sehingga starter dapat bekerja. 

    Apabila Anda mendapati busi kotor, segeralah membersihkan keseluruhan komponennya. Anda dapat menggunakan kain bersih dan menggosokan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya. 

    Perlu Anda ketahui bahwa umumnya usia busi ialah sekitar 45.000 km tergantung dari jenisnya. Apabila Anda menemukan busi mobil telah aus, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. 

            2. Aki Mobil Bermasalah 

    Sebetulnya masalah aki mobil ini terkadang bukanlah hal yang serius. Masalah yang dapat terjadi adalah kurangnya air aki, kurangnya cadangan listrik, atau aki mobil Anda mati. 

    Apabila kekurangan air aki, Anda perlu segera mengisinya. Kemudian apabila kekurangan cadangan listrik, Anda juga dapat segera mengisi ulang cadangan listrik aki tersebut. Namun apabila memang kondisi aki nya sudah tekor, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru. 

    Untuk menjaga agar kondisi aki tetap prima, pastikan untuk selalu merawatnya dengan benar. Bersihkan setiap komponennya menggunakan sikat halus untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran lainnya. 

            3. Dinamo Starter & Dinamo Ampere Rusak

    Apabila dinamo starter dan dinamo ampere mengalami kerusakan pada bagian solenoid starter gulungan atau switch-nya, dapat menjadi salah satu penyebab mobil susah distarter saat mesin dingin.

    Pasalnya, kedua dinamo ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses menghidupkan mesin mobil. Untuk menyiasatinya, Anda perlu memeriksanya secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang berarti.