Berita

    Featured Image

    Keadaan Kap Mobil bisa Menunjukkan Kondisi Mesin

    Waspadalah jika kap mobil terasa panas saat disentuh atau bahkan mengeluarkan asap. Kedua hal tersebut bisa jadi pertanda adanya masalah pada mesin kendaraan Anda. 

    Sebab, kap tidak hanya berfungsi menambah nilai estetika mobil saja melainkan juga berguna untuk melindungi mesin. Lantas, apa yang membuat kap pada mobil mengalami dua kondisi tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya. 

    Penyebab Timbulnya Kondisi Kap Mobil yang Panas dan Berasap

    Setidaknya terdapat dua kondisi kap yang menandakan adanya masalah pada mesin mobil Anda yaitu terasa panas saat disentuh dan mengeluarkan asap. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya kedua kondisi tersebut, diantaranya adalah: 

    1. Mesin Overheat

    Kap pada kendaraan yang terasa panas dan mengeluarkan asap berwarna putih bisa jadi pertanda bahwa mesin mobil terlalu panas atau overheating

    keadaan mesin overheatFreepik.com

    Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, antara lain adalah komponen ekstra fan yang rusak, radiator yang bermasalah, kekurangan cairan pendingin, thermostat yang rusak, atau kipas pendingin yang bermasalah. 

    1. Radiator Bocor atau Terblokir

    Penyebab yang kedua adalah terjadinya permasalahan pada radiator seperti terblokir oleh aliran udara, debu, kotoran, maupun kerak, atau mengalami kebocoran. 

    Akibatnya, suhu mesin pun meningkat hingga tutup radiator terlepas dan akhirnya kap kendaraan mengeluarkan asap. Kondisi tersebut juga bisa terjadi ketika kipas radiator bermasalah sehingga kinerjanya tidak efektif dalam mendinginkan radiator.         

    1. Korsleting Listrik

    Asap putih bisa keluar dari kap apabila mobil mengalami korsleting listrik. Kondisi ini mungkin terjadi akibat pemasangan aksesoris atau penyambungan kabel yang tidak tepat sehingga menimbulkan percikan api. 

    1. Oli Mobil Bocor atau Terbakar

    Kondisi berikutnya yang membuat kap pada mobil mengeluarkan asap berwarna biru berasal oli yang terbakar. Apabila asap tetap belum menghilang hingga 2-3 jam, ini menandakan bahwa oli mobil Anda mengalami kebocoran. 

    1. Sistem Knalpot Bermasalah 

    Kap mobil yang berasap atau menjadi panas juga bisa terjadi akibat sistem knalpot atau exhaust system yang mengalami masalah. 

    Kondisi tersebut membuat knalpot mengeluarkan asap berwarna abu-abu atau hitam pekat hingga munculnya suara kasar yang berasal dari mesin. 

    1. Terjadi Benturan 

    Kendaraan yang mengalami benturan dengan sangat kencang di bagian depan juga bisa menjadi penyebab kap pada mobil menjadi bermasalah. Pasalnya, benturan tersebut bisa jadi mengenai mesin sehingga terjadi kebocoran.   

    1. Sistem Pendingin Bermasalah 

    Mesin mobil bisa bekerja secara optimal apabila ditunjang dengan performa sistem pendingin yang baik. Saat sistem pendingin bermasalah, maka suhu mesin akan naik sehingga kap menjadi panas. 

    Beberapa kendala yang bisa terjadi di sistem pendingin diantaranya adalah kipas pendingin yang rusak, sistem pendingin mengalami kebocoran, pompa air yang rusak, thermostat yang rusak, atau karena kekurangan cairan pendingin. 

    1. Cuaca Ekstrim

    Selain faktor intern kendaraan, faktor ekstern berupa cuaca yang ekstrim juga bisa membuat kap pada mobil menjadi panas.  

    Cara Mengatasi Kap Pada Mobil yang Bermasalah

    Tidak perlu panik saat mendapati kap mesin mobil menjadi panas atau mengeluarkan asap. Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa langkah sederhana sebagai antisipasi sebelum dibawa ke bengkel terdekat, antara lain:

    • Segera menepi dan menghentikan mobil.

    • Tunggu hingga suhu mesin menurun dan hindari langsung membuka kap mesin. 

    • Periksa beberapa komponen yang berpotensi menyebabkan kap menjadi panas atau berasap seperti sistem pendingin, radiator, thermostat, dan lain sebagainya. 

    • Apabila telah dicek namun tidak yakin atau tidak mampu untuk memperbaikinya sendiri. Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Itulah beberapa faktor yang membuat kap mobil menjadi panas dan mengeluarkan asap lengkap dengan cara mengatasinya. Ingat! Jangan abai atau dibiarkan tanpa penanganan keran bisa berakibat meledaknya mesin mobil.