Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

    Aki adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan pada kendaraan mobil. Jangan sampai aki mobil drop dan tidak berfungsi dengan baik saat kendaraan digunakan.

    Alasan mengapa aki sangat berguna untuk mobil karena perannya sebagai penghasil sumber listrik saat berkendara. Tanpa adanya aki, maka mobil tidak bisa menghasilkan energi listrik secara maksimal.

    Penyebab aki mobil yang drop bisa disebabkan akibat beberapa faktor seperti keadaan aki yang basah dan lain-lain. Apabila aki drop dibiarkan terlalu lama, tentu ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada komponen mobil. 

    Permasalahan aki mobil yang drop seringkali ditemukan akibat kelalaian pemilik dalam merawat kendaraannya. Jika masalah ini sudah terjadi, perlu beberapa cara yang tepat untuk mengatasi agar aki dapat berfungsi seperti semula.

    Cara Atasi Aki Mobil Drop dengan Mudah dan Efektif

    Jika aki mobil Anda mengalami drop saat ditengah perjalanan, Anda tidak perlu panik. Atasi dengan cara yang mudah dan efektif dengan mengetahui terlebih dahulu. Berikut beberapa tahap cara yang perlu Anda lakukan saat mengalami aki mobil yang drop.

            1. Memastikan Listrik Mati

    Sebagian pemilik kendaraan mungkin tidak terlalu memperhatikan bagian komponen mobil yang terhubung ke listrik sehingga tidak tahu penyebab pasti mengapa aki bisa drop. 

    Maka dari itu, pastikan semua bagian mobil yang terhubung dengan listrik dalam keadaan mati sebelum mobil ditinggalkan.

            2. Membongkar Aki

    Aki yang drop bisa disebabkan karena aki basah sehingga perlu dibongkar terlebih dahulu sebelum diperbaiki. Namun, membongkar aki ini tidak boleh dicabut secara sembarangan sehingga Anda perlu membongkarnya secara hati-hati.

            3. Menghilangkan Cairan Pada Aki

    Aki yang drop bisa disebabkan juga karena cairan yang menempel bagai bagian sel-sel dari aki tersebut. Oleh sebab itu, cairan tersebut perlu dihilangkan dengan cara membersihkannya seperti dikuras sehingga air di dalam aki kering dan hilang.

            4. Menggunakan Air Panas

    Saat membersihkan aki yang drop gunakan air panas untuk mengaktifkan kembali sel yang sudah mati. Langkah ini bisa dilakukan 2-4 kali sampai memastikan buangan yang keluar sudah benar-benar bersih.

            5. Mengeringkan Aki

    Setelah membersihkan aki, selanjutnya keringkan selama 3 jam hingga sehari penuh. Penting untuk diingat dalam menggunakan kabel aki mobil yang berkualitas agar aki tidak mudah basah.