Berita

    Ketahui Penyebab Tangki Bensin Berkarat dan Cara Mengatasinya

    Tangki bensin berkarat bisa mempengaruhi performa mobil, karena mengganggu sistem pembakaran. Apabila Anda luput memperhatikan kondisi tangki, dalam kurun waktu tertentu tangki bahan bakar bisa berkarat. 

    Untuk mencegah tangki bensin mengalami korosi, Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Jika dibiarkan hingga rusak parah, Anda harus mengganti dengan tangki bensin yang baru dan mengeluarkan biaya lebih banyak. 

    Penyebab Tangki Bensin Berkarat 

    Tangki bensin terbuat dari dua jenis bahan. Ada yang dibuat dari besi dan ada juga yang terbuat dari material plastik resin. Keunggulan tangki bensin dari besi yaitu lebih kuat, tidak mudah rusak bila terbentur dan mudah diperbaiki. 

    Namun, kekurangan tangki bensin dari besi adalah bisa berkarat jika tidak memperhatikan cara merawat mobil yang benar. Berikut ini lima penyebab tangki bahan bakar berkarat:

    • Pemilihan Bahan Bakar

    Sebagai tempat menampung bahan bakar, kualitas bensin bisa mempengaruhi kondisi tangki. Kebanyakan orang mengira semua jenis bensin sama, padahal jenis bahan bakar dengan kualitas yang lebih rendah bisa menimbulkan karat pada tangki mobil. 

    Karena bensin yang kurang berkualitas biasanya mengandung partikel lain yang bisa mempercepat proses korosi pada besi. Selain itu, penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan jenis mobil bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

    • Tangki Bensin Kosong

    Tangki bensin tidak boleh dibiarkan kosong dalam waktu lama. Karena hal ini juga bisa membuat tangki bahan bakar berkarat. Ketika bensin yang terisi sedikit, maka tangki bensin akan dipenuhi oleh udara. 

    Udara akan menguap dan menghasilkan uap air. Kemudian uap air tersebut akan menempel di dinding tangki yang akhirnya memicu korosi.

    • Lingkungan Lembab

    Masih berhubungan dengan uap air yang muncul pada tangki bensin. Ketika tangki bensin tidak terisi penuh, kondisi tersebut akan diperparah dengan lingkungan yang lembab.

    Karena kondisi lingkungan yang lebih lembab dapat menimbulkan lebih banyak uap air di dalam tangki. Sehingga menyebabkan kondensasi di dinding tangki yang akhirnya membuat proses korosi lebih mudah terjadi. 

    • Tangki Bensin Kotor

    Meskipun sudah terdapat filter bensin pada mesin untuk menyaring kotoran dan partikel, tapi tangki bensin tetap harus dibersihkan secara teratur. Karena ketika kotoran yang ada dalam bensin menumpuk di tangki bisa menyumbat saluran bensin.