Berita

    Featured Image

    Mesin Mobil Anda Berisik? Ini Penjelasannya

    Pernahkah Anda merasa terganggu karena suara mesin mobil berisik dan kasar? Apa sebenarnya penyebabnya? Apakah mungkin karena kerusakan mesin? Jangan terburu-buru membuat asumsi. Mari kita telusuri penyebabnya!

    Mobil adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen rumit yang saling berinteraksi. Seluruh komponen ini berputar dan saling bergesekan, dan gesekan antara dua atau lebih benda dapat menghasilkan suara. Suara tersebut bisa bervariasi, mulai dari yang lembut dan normal hingga yang kasar dan bising.

    4 Penyebab Suara Mesin Mobil Berisik

    Awalnya, mungkin akan berasumsi bahwa suara kasar tersebut berasal dari mesin mobil. Namun, setelah pemeriksaan, bisa jadi masalahnya bukan pada mesin itu sendiri. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan suara kasar pada mobil Anda meliputi:

    • Kurang Oli Mesin Mobil

    Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan berlebihan antara komponen-komponen di dalam mobil, sehingga perannya sangat penting. Jika jumlah oli di mobil Anda mulai berkurang, kemampuannya untuk mengurangi gesekan antar komponen juga akan menurun, yang bisa menyebabkan munculnya suara kasar. 

    Ciri-ciri suara kasar yang disebabkan oleh kekurangan oli biasanya berasal dari bagian atas sistem katup. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran oli yang membuatnya cepat habis, atau kondisi ring piston yang sudah usang. Jika Anda mendengar suara kasar seperti ini, sebaiknya segera ditangani untuk mencegah kerusakan yang lebih serius pada mobil Anda.

    • Masalah pada Bearing Mobil

    Pernahkah Anda mendengar suara dengung yang terus-menerus dan semakin keras saat RPM meningkat, atau ketika mesin mobil Anda panas? Jika iya, kemungkinan besar masalahnya terletak pada bearing mobil Anda. Mobil memiliki berbagai jenis bearing, termasuk pada tensioner, alternator, idler, kompresor, dan water pump.

    Dengan banyaknya bearing yang ada, mungkin sulit untuk menentukan mana yang mengalami masalah. Dalam kasus seperti ini, Anda mungkin memerlukan bantuan bengkel untuk mengidentifikasi sumber masalah secara akurat. Bengkel biasanya menggunakan alat khusus bernama sound scope untuk mendeteksi dari mana suara bermasalah berasal.

    • Bunyi Kasar pada Kompresor AC 

    Ciri paling jelas dari bunyi kasar pada mobil Anda adalah ketika suara tersebut muncul saat AC dinyalakan. Beberapa penyebab bunyi kasar ini bisa berasal dari oli kompresor AC yang hampir habis atau akumulasi kotoran di dalam kompresor. 

    Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama adalah melakukan flushing. Namun, flushing saja tidak cukup; Anda mungkin juga perlu melakukan beberapa tindakan tambahan, termasuk mengganti beberapa komponen kendaraan Anda.

    • Beberapa Belt di Bagian Mesin Bermasalah

    Belt, yang sering disebut sabuk atau tali kipas, adalah komponen yang menghubungkan berbagai pulley dalam mobil. Belt ini mengaitkan putaran kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC. Masalah umum yang sering terjadi pada belt meliputi kotoran pada tali kipas, kekeringan, kerusakan, atau ukuran yang tidak sesuai.

    Jika belt mengalami kekeringan atau ukuran yang tidak tepat, Anda mungkin akan mendengar suara mendecit. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki. Jika dibiarkan, tali kipas bisa lepas atau putus di tengah perjalanan, yang dapat menyebabkan mesin mobil mogok.