Berita

    Penyebab AC Mobil Mati-Hidup Terus Menerus

    AC mobil yang kadang hidup dan kadang mati secara berulang-ulang tentu membuat perjalanan menjadi tidak nyaman karena suhu di dalam mobil yang panas. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena rusaknya beberapa komponen AC.

    Penyebab AC Mobil Kadang Hidup dan Kadang Mati

    Untuk mengetahui cara mengatasi masalah AC di mobil Anda yang tepat, Anda perlu mengetahui penyebab masalah AC hidup mati terus menerus berikut ini.  

    1. Refrigerant Bocor

    Refrigeran atau freon memiliki fungsi untuk menghasilkan udara dingin dari AC sehingga udara di mobil terasa sejuk. 

    Kurangnya refrigerant karena kebocoran bisa menyebabkan AC mati dan hidup secara terus menerus dan AC tidak bisa mengeluarkan udara yang sejuk. 

    Selain itu, adanya masalah tekanan pada freon juga bisa menyebabkan sistem AC hidup dan mati secara berulang untuk menyeimbangkan tekanan freon.

    Beberapa tanda kebocoran pada freon diantaranya yaitu terdengar suara berdesis, overheat mesin, serta muncul lapisan oli dan es di area kompresor. Salah satu hal yang bisa menyebabkan kebocoran freon adalah evaporator bocor.

    Untuk mengatasi bocornya freon bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan di bengkel mobil terdekat.

    2. Cooling Fan Rusak

    Kipas pendingin atau cooling fan adalah komponen pada AC yang berfungsi untuk membuang panas dan mendinginkan kondensor. Rusaknya komponen ini bisa membuat suhu di dalam mobil menjadi meningkat. 

    Ketika komponen ini rusak, AC akan mematikan sistem supaya mesin tidak overheating. Saat suhu sudah turun maka sistem AC akan menyala kembali. Itulah mengapa AC hidup dan mati secara berulang-ulang. 

    3. Rusaknya Magnetic Clutch

    Magnetic clutch adalah komponen yang berfungsi mengatur kerja kompresor. Ketika menerima aliran listrik, komponen ini akan membuat kompresor berputar sesuai dengan putaran mesin. 

    Rusaknya komponen ini bisa menyebabkan terganggunya kerja kompresor sehingga AC berhenti bekerja terutama ketika mobil mengalami kemacetan dan AC akan hidup kembali ketika mobil berjalan dengan lancar.

    4. Filter Kabin Kotor