Berita

    Tips Ampuh Mengusir Tikus dari Mobil

    Kabel mobil digigit tikus menjadi masalah yang bisa Anda alami ketika terdapat tikus yang bersarang di mesin mobil Anda. Bila tikus sudah merajalela, maka mobil Anda pun berisiko tercemar oleh kotoran dan urin tikus.

    Hal tersebut akan membuat kinerja dan performa mobil menurun, sehingga penting melakukan segala cara untuk mengusir tikus dari mobil. Anda bisa mencoba berbagai tips ampuh di bawah ini untuk membuat mobil bebas dari tikus.

    6 Tips Usir Tikus dari Mobil dan Cegah Kabel Mobil Digigit Tikus

    Ketika tikus memasuki kap mesin mobil dan menggigit kabel, dampak buruknya adalah korsleting yang bisa merusak mesin mobil. Maka, lakukan tips berikut ini untuk mengusir tikus dan mencegahnya kembali masuk ke mobil Anda!

    • Menyemprotkan Cairan Pembasmi Hama Tikus

    Anda bisa membeli cairan khusus untuk hama tikus, seperti cairan beraroma pine-sol atau peppermint, yang aromanya kuat sehingga dapat mengusir dan mencegah tikus masuk lagi ke kap mobil. 

    Cairan tersebut bisa Anda temukan di toko otomotif dengan variasi yang lebih lengkap. Untuk membuat efek cairan lebih tahan lama, Anda dapat menyemprotkannya ke kain. Kemudian, letakkan pada sudut-sudut kap mesin untuk membuat aromanya lebih merata.

    • Memasang Wire Mesh

    Anda dapat mencegah kabel mobil digigit tikus dengan memasang pelindung bernama wire mesh. Penggunaan pelindung tersebut akan memblokir akses yang memungkinkan jalan masuk tikus, seperti celah ventilasi mobil.

    Jadi, tikus pun tidak akan lagi masuk ke kap mesin karena jalan masuknya sudah tertutup oleh wire mesh.

    • Menaburkan Kapur Barus di Ruang Mesin

    Tikus tidak menyukai aroma dari kapur barus, sehingga Anda bisa menumbuk kapur barus hingga menjadi bubuk dan menebarkannya di ruang mesin. Sebarkan hingga merata sampai ke area sudut mobil.

    Ini akan membantu cegah tikus datang kembali ke ruang kap mesin dan menjadi perusak komponen di dalamnya.

     

    kapur barus

    Freepik.com

    Bila Anda kurang suka dengan aroma kapur barus, Anda dapat menggunakan cairan anti tikus yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi, Anda tidak tersiksa dan membahayakan diri sendiri.

    • Buka Kap Mesin Mobil ketika Parkir di Garasi Tertutup

    Tips ketiga mencegah kabel mobil digigit tikus adalah memarkir di garasi yang tertutup rapat. Hal ini berguna agar tikus tidak berkesempatan masuk ke mobil.

    Namun bila terdapat celah kecil yang memungkinkan tikus masih bisa masuk, maka Anda dapat membuka kap mesin. Tujuannya untuk membuat ruang mesin lebih terang, jadi tikus enggan masuk sebab mereka tidak menyukai cahaya.

    • Membersihkan Kap Mesin dengan Rutin

    Jangan jadikan kap mesin mobil Anda ruang yang ideal untuk tikus tempati. Bersihkan kap mesin dengan teratur agar bebas dari debu dan kotoran. 

    Selain itu, Anda juga perlu membuang sisa bungkus makanan dan minuman di dalam mobil dengan segera. Sebab, tikus dapat mencium aroma tersebut dan mengundangnya masuk ke dalam mobil.

    • Memanaskan Mobil Berkala

    Tikus menyukai area yang lembap dan tenang. Maka dari itu, panaskan mobil dengan rutin agar ruang mesin tidak lembap dan mencegah tikus masuk. 

    Memanaskan mobil juga membantu Anda mengecek kondisi mobil dari interior maupun eksteriornya. Jadi, bila terdapat error pada komponen mobil bisa Anda ketahui lebih cepat.