Berita

    Featured Image

    Ini Dia, Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil di Malam Hari

    Kabin mobil dilengkapi dengan lampu penerangan untuk membantu pengendara melihat di dalam kabin saat malam hari. Tapi ketika mengemudi sebaiknya lampu kabin mobil dimatikan, termasuk saat Anda mengemudi di malam hari. 

    Tujuannya agar Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman. Lampu kabin tetap bisa Anda nyalakan saat mobil berhenti untuk mencari barang di dalam kabin. 

    Bisa juga ketika Anda sedang menulis atau membaca sesuatu, nyalakan lampu kabin agar Anda bisa melihat lebih jelas. 

    Alasan Sebaiknya Lampu Kabin Mobil Dimatikan Saat Malam Hari

    Sebenarnya fungsi dari lampu kabin adalah untuk memberi penerangan yang cukup, agar Anda bisa melihat dengan jelas. Lampu ini dinyalakan saat malam hari yang minim pencahayaan. 

    Terdapat 3 mode pada saklar lampu kabin. Salah satunya adalah mode door, yang membuat lampu menyala otomatis ketika pintu mobil dibuka. Mode ini juga membantu Anda mengetahui masih ada pintu yang belum tertutup dengan rapat. 

    Namun sewaktu Anda berkendara di jalan raya, sangat dianjurkan untuk mematikan lampu kabin. Berikut ini alasan mengapa sebaiknya Anda mematikan lampu kabin mobil dimalam hari saat mengemudi:

    Menjaga Privasi

    Ketika lampu kabin menyala, bagian dalam mobil akan terlihat cukup jelas dari luar. Sehingga privasi Anda dan penumpang akan terganggu. Hal yang lebih dikhawatirkan adalah jika orang-orang yang berniat jahat mulai mengincar mobil Anda. 

    Pencuri dan penjahat lebih berani melancarkan aksi mereka setelah mengetahui kondisi di dalam kabin. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda mematikan lampu kabin mobil dimalam hari atau sepanjang perjalanan. 

    Menyesuaikan Penglihatan 

    Pupil mata akan membesar dan mengecil menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang diterima oleh mata. Bila lampu kabin menyala, pupil mata akan mengecil karena ada sumber cahaya yang terang. 

    Namun di luar mobil kondisinya lebih gelap, perbedaan intensitas cahaya ini akan mengganggu penglihatan Anda. Sehingga Anda tidak bisa memfokuskan mata untuk melihat situasi di jalan. 

    Boros Aki

    Jika Anda membiarkan lampu kabin mobil terus menyala, daya listrik pada aki mobil akan tersedot cukup banyak. Teruma jika Anda berkendara untuk perjalanan yang jauh. 

    Dampak buruknya bisa merusak komponen mobil lain dan membuat mobil mogok. Karena kekurangan suplai daya listrik. 

    Mengganggu Konsentrasi Pengguna Jalan