Berita

    Ini Dia Fungsi Lampu DRL Mobil

    DRL, atau Daytime Running Light merupakan jenis lampu pada mobil yang akan menyala terus selama mesin mobil juga menyala. Lampu ini ada dengan tujuan untuk memperhatikan keselamatan para pengendara mobil.

    Lampu DRL tidak sama dengan LED. Perbedaannya terletak di fungsi lampu, di mana lampu LED atau Light Emitting Diode berfungsi sebagai lampu utama pada mobil. Tujuan dari LED itu sendiri untuk pencahayaan utama mobil yang lampunya diletakkan di depan dan belakang mobil. 

    Lalu, letak lampu DRL ini umumnya berada di bagian depan mobil, dekat dengan lampu utama. Anda bisa menemukan banyak sekali mobil dengan lampu ini di jalan karena sudah banyak yang menerapkan teknologi lampu ini pada mobilnya. 

    Namun, sayangnya masih banyak yang belum paham betul tujuan keberadaan lampu DRL mobil itu sebenarnya untuk apa. Itulah mengapa kami akan membahasnya bersama dengan Anda di artikel ini. 

    Fungsi Lampu DRL Mobil 

    Secara umum, lampu DRL diyakini ada untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Tetapi apakah benar fungsi lampu DRL mobil hanya itu saja? 

            1. Fitur Standar Mobil

    Saat ini, lampu DRL sudah masuk ke dalam standar produksi bagi kebanyakan mobil di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya penelitian yang menyatakan bahwa lampu DRL dapat mengurangi resiko kecelakaan. 

    Setelah hasil penelitian tersebut terbit, banyak pabrik mobil yang memutuskan untuk mewajibkan penggunaan lampu DRL pada mobil produksi mereka. 

    Begitu pula dengan sekumpulan negara di Uni Eropa yang turut serta mengeluarkan peraturan bahwa mobil baru harus menggunakan teknologi DRL. Peraturan tersebut kemudian mendapatkan pembaharuan dan aksi tindak lanjut yang lebih. 

    Tidak hanya mobil saja, bus dan truk produksi keluaran terbaru di Uni Eropa juga harus menggunakan lampu DRL. Barulah setelah itu, mulai banyak pabrik mobil yang menetapkan lampu DRL sebagai fitur standar dari sebuah mobil. 

            2. Lampu DRL Sebagai Welcome Light

    Saat Anda membuka atau mengunci mobil, akan terlihat lampu yang otomatis menyala bukan? Nah, itu adalah ‘welcome light’ yang sudah dipakai oleh banyak pabrik mobil dalam memproduksi mobil modern. 

    Lampu DRL otomatis menyala karena telah terhubung dengan remote kunci mobil. Teknologi tersebut kemudian memberikan kemudahan lainnya, yaitu menemukan lahan parkir mobil dalam beberapa detik saja.