Berita

    Ketahui Penyebab Kaca Mobil Berjamur

    Dalam berkendara, menjaga kebersihan kaca mobil sangatlah penting karena mempengaruhi visibilitas pengendara. Apalagi jika kaca mobil berjamur tentunya akan sangat mengganggu dan bisa membahayakan pengendara karena visibilitas makin tidak jelas. 

    Padahal hal-hal semacam itu bisa Anda cegah sejak awal, misalnya dengan rutin membersihkan mobil. Namun, sebenarnya mencuci bersih mobil terkadang kurang cukup karena munculnya jamur pada mobil bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

    5 Penyebab Kaca Mobil Berjamur 

    Apa saja faktor yang menyebabkan kaca pada mobil mudah berjamur? Temukan jawaban selengkapnya berikut ini. 

    • Tidak Bersih dalam Mencuci Mobil

    Anda termasuk pemilik mobil yang suka mencuci sendiri atau memilih untuk menggunakan jasa cuci? Jika Anda lebih suka mencuci mobil sendiri, maka perlu memastikan bahwa kendaraan tersebut benar-benar bersih. 

    Mencuci mobil sendiri memang irit biaya, tapi juga bisa mendatangkan malapetaka apabila tidak dilakukan dengan benar. Misalnya, hanya membersihkan mobil agar tampak kelihatan bersih saja tanpa yakin kendaraan tersebut benar-benar bebas dari jamur, kuman, dan lainnya.

    Inilah penyebab kaca mobil berjamur yang terkadang tidak disadari pada pemilik kendaraan karena sudah merasa mobilnya bersih dari luar. Sedangkan aslinya, tampak ada jamur yang tidak terlihat secara jelas dan bisa bahaya jika diabaikan begitu saja. 

    • Kualitas Air yang Dipakai

    Barangkali Anda bertanya-tanya darimana datangnya jamur pada kaca mobil. Air bisa menjadi salah satu sumber penyebabnya. Menggunakan air yang kurang bersih atau ada kandungan besi kuning, garam, dan kadar kapur yang tinggi dapat memicu timbulnya jamur. 

    Apabila Anda tidak tahu mengenai kondisi air yang digunakan untuk mencuci kendaraan tersebut, maka makin besar peluangnya kaca mobil berjamur terjadi. Air yang paling aman untuk dipakai, yakni air PAM. 

    • Cuaca Tidak Stabil

    Saat Anda sering menggunakan mobil ketika cuacanya sedang tidak stabil, maka kendaraan tersebut akan lebih mudah kotor. Belum lagi ketika cuaca yang tiba-tiba panas, mendung, dan hujan. Cuaca yang tidak stabil tersebut termasuk penyebab kaca mobil berjamur.

    Kondisi tersebut dapat memicu munculnya jamur pada mobil Anda apabila tidak rutin dicuci. Guna mengantisipasi hal ini, mencucikan mobil secara rutin adalah solusi yang tepat semisal Anda sering bepergian menggunakan mobil.