Berita

    Ini Dia Penyebab Rem Tangan Keras dan Cara Mengatasinya

    Rem tangan keras pada mobil bisa terjadi pada Anda saat sedang berkendara. Ketika masalah tersebut terjadi, tentu saja akan berbahaya bagi keselamatan Anda dan penumpang mobil. 

    Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui penyebab rem menjadi keras serta apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.

    Dengan begitu, Anda bisa menghindari masalah tersebut terjadi lagi di masa depan sehingga keselamatan berkendara pun lebih terjamin. Untuk mengetahui hal yang menyebabkan rem tangan mobil menjadi keras, lengkap dengan solusinya, intip pembahasan artikel ini!

    3 Penyebab Rem Tangan Keras

    Rem tangan yang tiba-tiba macet dan menjadi keras untuk digunakan tidak akan terjadi begitu saja. Pasti ada penyebab yang melatarbelakanginya, seperti tiga penyebab rem tangan mobil menjadi keras berikut ini:

    • Menarik Rem Tangan Terlalu Kuat

    Penyebab pertama bisa jadi karena Anda menarik rem tangan mobil terlalu kuat. Anda yang terbiasa melakukan hal tersebut sebaiknya mulai menarik hingga batas penarikan rem, yang biasa ditandai dengan bunyi klik.

    Sebab, bila rem terus ditarik terlalu kuat maka akan membuat rem tangan mengalami kerusakan. Salah satunya adalah rem menjadi keras dan tidak bisa ditarik dengan lancar.

    • Memakai Rem Tangan Saat Banjir

    Apabila Anda berada di area bergenangan air atau melewati banjir, lalu menggunakan rem tangan, maka jangan heran apabila Anda mengalami masalah rem tangan menjadi keras. Rem juga berisiko menjadi berkarat dan semakin susah untuk dioperasikan.

    • Menyamakan Rem Tangan Manual dan Otomatis

    Penyebab rem tangan mobil bermasalah berikutnya adalah karena Anda belum paham betul perbedaan dalam menggunakan rem tangan mobil dengan transmisi manual maupun otomatis. Sehingga, Anda tidak mengoperasikan rem sesuai petunjuknya.

    4 Cara Mengatasi Rem Tangan Keras

    Setelah memahami mengapa rem tangan mobil bisa menjadi keras dan susah untuk digunakan, Anda bisa menerapkan solusi di bawah ini untuk mengatasinya:

    • Menarik Rem Tangan Secara Perlahan

    Anda tidak perlu menarik rem terlalu kuat dan cukup lakukan secara perlahan hingga Anda mendengar suara klik, yang artinya rem sudah terkunci dengan baik.

    • Menghindari Pemakaian Rem Tangan saat Banjir

    Ketika melewati banjir atau genangan air, gunakan rem pedal agar menghindari risiko rem tangan menjadi keras. Anda pun tidak perlu menggunakan rem tangan ketika parkir mobil di area yang tergenang air.

    Selain itu, hindari penggunaan rem tangan untuk durasi berkendara yang lama setelah mobil terkena genangan air atau banjir.

    • Memahami Perbedaan Rem Manual dan Otomatis

    Anda juga perlu paham terlebih dahulu dengan cara mengoperasikan rem tangan pada mobil otomatis serta manual, sebab keduanya berbeda. Untuk mobil manual, Anda perlu mengandalkan tuas rem.

    Sedangkan, pada rem mobil otomatis lebih utamakan penggunaan rem pedal yang bisa Anda injak untuk dioperasikan.

    • Mengembalikan Tuas Rem

    Apabila tuas rem tidak bisa Anda tarik ke atas, maka Anda perlu menggunakan tenaga yang kuat untuk mengembalikannya. Anda bisa mengangkat tuas rem dengan kuat dan cepat, lalu turunkan kembali dengan tenaga yang sama kuatnya.

    Anda bisa melakukan hal tersebut secara berulang hingga rem tangan kembali normal dan tidak keras untuk digunakan.

    Itulah penyebab rem tangan keras serta cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Pastikan Anda tidak mengulang kesalahan yang sama agar rem tangan tidak bermasalah dan membuat perjalanan Anda berbahaya.