Berita

    Featured Image

    Beberapa Aksesoris Mobil yang Sebenarnya Tidak Terlalu Penting

    Aksesoris mobil bagi sebagian orang adalah sebuah estetika. Beberapa aksesoris bahkan sering dianggap penting sebab membantu. 

    Namun, tidak banyak orang yang paham ternyata hiasan-hiasan tersebut justru mengganggu fungsi mobil dan bisa berpotensi mendatangkan marabahaya. 

    Lantas, apa saja aksesoris kendaraan yang sebenarnya tidak penting dan justru berbahaya? Ikuti informasi lengkapnya pada pembahasan berikut!

    Ini Aksesoris Mobil yang Justru Tidak Penting

    Hiasan mobil perlu diperhatikan baik dari segi kegunaannya maupun cara pemakaiannya. Aksesoris yang tidak penting tidak hanya mengganggu fungsi mobil Anda, tetapi juga pengemudi lainnya. 

    • Lampu Sorot Warna-warni

    Salah satu tren modifikasi mobil saat ini adalah penggunaan lampu sorot warna-warni. Anda mungkin pernah menjumpai beberapa lampu depan mobil yang menampilkan sorot cahaya berwarna biru, merah, hijau, dan lain sebagainya.

    Atau mungkin Anda pernah melihat lampu yang dipasang di bumper bawah bersinar dengan warna putih dan menyala terang ketika mobil melakukan pengereman. 

    Tentu saja, lampu tersebut bisa mengganggu pengemudi lain yang sedang berada di belakang mobil karena cahayanya yang terlalu terang. Hal ini akan berpotensi untuk meningkatkan risiko kecelakaan. 

    • Sarung Setir

    Aksesoris mobil yang tidak penting lainnya adalah sarung setir. Meski terkesan memuaskan, percayalah hiasan ini jika tidak desain secara tepat justru akan mengganggu Anda. 

    Sarung Stir

    Secara ergonomis, desain sarung setir dipertimbangkan dengan memperhitungkan ketebalan genggaman tangan dan jari untuk memfasilitasi pengendalian mobil yang optimal.

    Jika terpasang dengan longgar, sarung setir dapat menyebabkan tangan tergelincir saat berbelok. Hal ini meningkatkan risiko kehilangan kendali kendaraan. 

    Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak menggunakan pembungkus setir sama sekali untuk menghindari potensi kecelakaan yang tidak diinginkan.

    • Seat Belt Buzzer

    Bagi sebagian orang, suara alarm sabuk pengaman terasa mengganggu, maka dari itu seat belt buzzer dipakai. Tetapi, tanpa Anda sadari, hal ini justru membahayakan. 

    Bunyi alarm ini sebenarnya adalah pengingat untuk Anda memakai sabuk pengaman mobil. 

    Jika hal ini diabaikan, maka saat terjadi tabrakan atau pengereman secara mendadak, orang yang tidak memakai sabuk pengaman akan bergerak maju sesuai dengan kecepatan mengemudi. 

    Contohnya, Jika Anda mengemudi dengan kecepatan 80 kilometer per jam, maka saat terjadi tabrakan, tubuh Anda akan terdorong maju dengan kecepatan yang sama. 

    Jadi, perlu diketahui bahwa inilah mengapa memakai sabuk pengaman itu penting demi keselamatan. 

    • Dekorasi Dasbor

    Dasbor biasanya menjadi salah satu space mobil yang bisa didekorasi sesuka hati seperti menaruhnya berbagai barang seperti boneka, bantal, tisu, dan lain sebagainya.

    Sebaiknya, dasbor depan dan belakang harus tetap dijaga lega dari gangguan pandangan. Barang-barang dekorasi tersebut berpotensi menghalangi pandangan pengemudi saat menyetir. 

    Selain itu, jika Anda mengerem mendadak, benda-benda yang berada di dasbor bisa saja jatuh dan mencederai penumpang.  

    • Knop Setir

    Knop biasanya digunakan untuk membantu pengemudi memutar stir dengan mudah bahkan hanya dengan satu tangan. Aksesoris ini bisa menimbulkan bahaya fatal. Bagaimana bisa?

    Ketika ban depan mobil mengenai batu atau naik trotoar, setir bisa berputar tanpa kendali, dan knop ini bisa menyebabkan patahnya jempol.

    Hal ini juga berbahaya jika terjadi tabrakan keras apa lagi untuk pengemudi yang tidak memakai sabuk pengaman. 

    • Gantungan Spion Tengah

    Gantungan spion di tengah sebenarnya lebih banyak hal negatifnya daripada manfaatnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan letaknya yang ditengah dapat mengganggu pandangan pengemudi. 

    Selain itu, jika gantungan yang digunakan terbuat dari kaca atau bahan keras, ini bisa mengenai kaca mobil saat pengereman mendadak. Hal tersebut dapat menyebabkan retak atau pecahnya kaca.

    Setidaknya itu adalah beberapa aksesoris mobil yang sebaiknya tidak Anda gunakan. Pertimbangkan betul aspek keamanan dan keselamatan dalam memodifikasi mobil kesayangan Anda.