Berita

    Memahami Cara Kerja Tilang Elektronik dan Pembayarannya

    Cara Kerja Tilang Elektronik

    Tahukah Anda bagaimana cara kerja tilang elektronik? Alur kerja tilang elektronik ini terbilang asing di kalangan masyarakat. Karena masih jarang sekali dijumpai, Anda bisa langsung menemukannya di beberapa lokasinya. 

    Beberapa pihak yang berhubungan dengan tilang elektronik ini adalah warga dan pihak kepolisian. Keberadaan sistem ini bisa membuat Anda atau pengguna jalan lebih taat pada peraturan lalu lintas. Mari perhatikan informasinya disini. 

    Definisi Tilang Elektronik

    Tilang Elektronik dalam bahasa inggris disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Sistem ini merupakan sebuah teknologi untuk memudahkan Anda dalam menaati aturan lalu lintas yang ada di Indonesia. 

    Sekitar 8 bulan lalu, sistem tilang elektronik resmi digunakan oleh pihak kepolisian. Pihak kepolisian juga menambahkan berbagai kamera yang akan terhubung ke dalam ETLE ini. 

    Anda yang tetap melanggar lalu lintas akan dikirimi sebuah surat tilang dari pihak kepolisian. Jika tidak ingin mendapatkan surat tilang, Anda harus mengikuti semua peraturan yang sudah berlaku. 

    Bagaimana Cara Kerja Tilang Elektronik?

    Cara kerja tilang ini akan dimulai dengan 5 tahap, setiap tahapnya akan berisikan informasi mengenai Anda yang melanggar lalu lintas. Inilah cara kerja pada tilang elektronik di bawah ini:

    • Pemasangan Kamera ETLE

    Setiap pihak kepolisian berkewajiban untuk memasang kamera ETLE yang akan terhubung dengan monitor. Monitor akan memperlihatkan aktivitas lalu lintas di berbagai daerah yang sudah terpasang kamera tersebut. 

    Jika ada bukti otentik bahwa Anda melanggar lalu lintas. Maka bukti tersebut akan dilanjutkan kepada Back Office ETLE yang berada di Polda setempat. 

    • Diidentifikasi 

    Kemudian bukti akan ditelusuri lebih lanjut atau diidentifikasi berdasarkan laporan petugas dari kamera ETLE tersebut. Solusinya menggunakan ERI atau Electronic Registration and Identification. 

    ERI ini merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk membuktikan apakah Anda melanggar lalu lintas. Hal ini juga didukung dengan identitas kendaraan yang dikendarai oleh Anda. 

    • Konfirmasi Alamat

    Kalau sudah terkonfirmasi identitas kendaraannya, maka pihak Polda akan mengkonfirmasi alamat tersebut. Pihak kepolisian akan memberikan surat konfirmasi bahwa Anda telah melakukan pelanggaran lalu lintas.