Berita

    Featured Image

    Ini Dia Teknologi Smart Hybrid yang Ada di Suzuki Grand Vitara

    Grand Vitara Hybrid merupakan salah satu mobil SUV unggulan dari Suzuki. Mobil ini telah menghadirkan berbagai inovasi baru dengan memadukan beragam teknologi canggih. Salah satunya yaitu kehadiran teknologi smart hybrid ini. 

    Teknologi ini dapat menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik, ramah lingkungan, serta lebih irit bahan bakar. Lalu apa saja hal yang menarik dari teknologi smart hybrid Grand Vitara? Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

    Berkenalan dengan Suzuki Grand Vitara Hybrid

    Suzuki Grand Vitara merupakan salah satu mobil SUV yang hadir dengan desain yang tangguh dan menawarkan performa yang bandel. Mobil ini cukup populer sebagai kendaraan yang serbaguna dan cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

    Mobil SUV ini sangat cocok untuk digunakan di area perkotaan maupun menerjang area off road. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini Suzuki Grand Vitara menjadi salah satu mobil yang banyak diminati di Indonesia. 

    Performanya yang menakjubkan serta bentuk bodinya yang keren, tentu membuat siapa saja jatuh cinta dengan mobil ini. Terlebih saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu smart hybrid.

    Keunggulan Fitur Smart Hybrid pada Suzuki Grand Vitara

    Smart hybrid merupakan sebuah teknologi yang hibrida yang memadukan mesin bensin dan motor listrik. Tujuan utama dihadirkannya teknologi ini yaitu untuk mengurangi emisi gas buang dan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

    Pada Suzuki Grand Vitara, teknologi ini bukan hanya mampu meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga memberikan dampak baik pada lingkungan. Berikut beberapa hal menarik dari fitur smart hybrid pada Suzuki Grand Vitara:

    • Baterai Lithium-ion

    Suzuki Grand Vitara memiliki baterai lithium ion yang efisien dan ringan. Baterai ini yang bertugas untuk menyimpan energi selama proses pengereman regeneratif serta menyediakan energi tambahan untuk mendukung performa mesin.

    Baterai Lithium-ion Grand Vitara

    • Menggerakan Motor Listrik oleh ISG

    Hal lainnya yang menarik dari teknologi smart hybrid yaitu sistem ini menjadikan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai generator dan starter mobil. 

    ISG akan bekerja secara otomatis untuk menghasilkan energi tambahan pada waktu-waktu tertentu atau kondisi tertentu. Misalnya, pada saat menanjak atau akselerasi.

    • Bahan Bakar Lebih Irit

    Seperti yang sudah diketahui, sistem smart hybrid dapat membantu meningkatkan penggunaan bahan bakar agar lebih efisien. 

    Pada saat kendaraan melaju, teknologi ini akan mengaktifkan motor listrik untuk mengisi daya tambahan pada kendaraan dan menurunkan beban pada mesin bensin. Pada akhirnya, penggunaan bahan bakar pada kendaraan menjadi lebih hemat.

    • Menurunkan Emisi Gas Buang

    Grand Vitara Hybrid dapat tetap melaju dalam mode listrik saat kecepatannya rendah atau dalam situasi lalu lintas yang padat. Hal ini terjadi berkat adanya bantuan dari motor listrik. 

    Berkat mekanisme tersebut, emisi gas buang yang dihasilkan akan lebih kecil. Dengan begitu, teknologi smart hybrid mendukung upaya untuk menjaga kebersihan udara.

    • Manajemen Energi yang Cerdas

    Teknologi smart hybrid juga memiliki sistem manajemen energi yang sudah canggih dan cerdas. Sistem ini akan mengatur aliran daya dari motor listrik dan mesin bensin. 

    Tujuannya untuk memastikan penggunaan energi optimal sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisiensi.

    • Berkendara Lebih Nyaman

    Kehadiran teknologi smart hybrid ini tidak hanya membuat kendaraan lebih efisien, tetapi juga meningkatkan kenyamanan selama berkendara. 

    Proses pergantian antara motor listrik dan mesin bensin yang mulus, dapat memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengendara.