Berita

    Featured Image

    Kebiasaan yang Membuat Lampu Mobil Cepat Rusak

    Masalah lampu mobil rusak jangan dianggap sepele. Lampu mobil merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh pada keamanan Anda selama berkendara. Pastikan komponen ini selalu berfungsi secara optimal. 

    Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari agar lampu mobil tidak cepat rusak. Mari cari tahu apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari tersebut!

    Kebiasaan Penyebab Lampu Mobil Rusak

    Sebagai pengendara mobil, Anda mungkin sering tidak sadar bahwa apa yang Anda lakukan bisa merusak komponen mobil. Salah satu contohnya adalah merusak komponen lampu yang bisa mendukung kenyamanan selama berkendara. 

    Berikut ini akan dibahas beberapa jenis kebiasaan yang bisa memicu kerusakan pada lampu mobil dan sebaiknya Anda hindari. 

    • Menggunakan Lampu yang Murah

    Banyak orang terbiasa menggunakan jenis bohlam lampu yang murah. Memang sesuatu yang harganya murah lebih mudah menarik perhatian. Padahal harga murah biasanya menunjukkan bahwa produk tersebut tidak berkualitas. 

    Sebaiknya pilihlah bohlam lampu berdasarkan kualitasnya. Jika memang harus mengeluarkan uang lebih banyak maka tidak masalah asalkan lampu memiliki performa bagus dan awet. 

    Jika Anda memilih bohlam lampu yang murah dan berkualitas buruk, maka kemampuannya dalam menahan panas bisa jadi kurang baik. Hal ini dapat memicu filamen dalam bohlam jadi mudah putus. 

    • Tidak Membersihkan Lampu

    Lampu mobil Anda ternyata juga perlu dibersihkan secara rutin. Jika Anda mencuci mobil secara rutin, jangan sampai melewatkan bagian lampunya. 

    Bersihkan lampu mobil Anda dari debu, kotoran, maupun residu lain yang menumpuk di bagian mika lampu. Langkah sederhana ini akan membuat lampu mobil Anda tidak mudah kusam dan bisa memberi pancaran sinar yang lebih optimal. 

    Tidak Membersihkan LampuFreepik.com

    Pastikan untuk membersihkan lampu mobil Anda dengan cara yang tepat. Gunakan peralatan yang sesuai dan pastikan kain yang digunakan untuk mengelap bagian lampu dalam kondisi bersih sekaligus lembut. 

    • Parkir di Tempat Panas

    Ternyata kebiasaan sepele seperti parkir di tempat panas juga bisa menyebabkan lampu mobil rusak. Paparan sinar UV atau sinar matahari bisa menyebabkan plastik mika lampu mobil Anda jadi kering, menguning, bahkan pecah. 

    Lebih baik parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh. Hindari paparan sinar matahari berlebih demi menjaga kualitas lampu dan pancaran sinarnya. 

    • Memilih Lampu dengan Watt yang Tidak Sesuai

    Pemilihan lampu yang watt-nya tidak sesuai ternyata juga bisa membuat lampu cepat rusak. Sebaiknya pastikan lampu yang Anda pakai memiliki watt yang sesuai dengan spesifikasi mobil. 

    Jika lampu mobil Anda memiliki watt yang terlalu tinggi, maka akan muncul panas berlebih. Hal ini bisa membuat bagian mika jadi lebih cepat menguning. Selain itu kondisi ini juga bisa saja memicu korsleting yang berakibat fatal. 

    • Tidak Melakukan Pemeriksaan Rutin

    Banyak orang berpikir bahwa bagian penting dari sebuah mobil hanyalah mesin. Jika mesinnya bekerja dengan baik maka mobil tersebut dapat disimpulkan dalam kondisi yang prima. 

    Padahal saat Anda berkendara ada banyak komponen mobil yang akan mendukung kenyamanan dan keamanan. Salah satunya adalah lampu mobil ini yang sebaiknya diperiksa secara rutin. 

    Jika Anda tidak melakukan pemeriksaan lampu mobil secara rutin, maka bisa saja sebenarnya ada beberapa masalah yang terjadi. Misalnya saja seperti tegangan kelistrikan yang berlebihan, korsleting yang memicu sekring putus, dan lain-lain.