Berita

    Kenali Bahaya Highway Hypnosis dan Cara Mudah Mencegahnya

    Ketika menyetir jarak jauh di jalan bebas hambatan, banyak orang akan mengalami highway hypnosis tanpa disadari. Padahal kondisi ini sangat berbahaya baik bagi pengemudi, penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

    Apa yang dimaksud dengan kondisi tersebut? Mengapa berbahaya? Bagaimana cara mencegahnya? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab bila Anda menyimak ulasan di bawah ini.

    Pengertian Highway Hypnosis dan Bahayanya

    Highway hypnosis adalah kondisi di mana pengemudi di jalan tol yang sedang menempuh jarak atau waktu jauh mengalami konsentrasi yang berkurang tanpa disadari. Sebagai contoh, pikiran pengemudi sudah tidak pada jalan meskipun terlihat menyetir seperti pada umumnya.

    Kondisi ini sangat berbahaya bila tidak dicegah. Berikut berbagai bahaya dari kondisi tersebut:

    • Hilangnya Konsentrasi

    Awal dari kondisi ini adalah berkurangnya konsentrasi. Namun bila tidak diatasi, maka lama kelamaan konsentrasi akan hilang sepenuhnya dan mengurangi kesiapan dan reflek pengemudi akan hal-hal yang terjadi di jalan raya.

    • Terjadi Microsleep

    Banyak pengemudi yang mengalami kondisi ini akan tertidur dengan tidak sengaja atau biasa disebut dengan microsleep. Microsleep berbeda dengan tidur pulas secara sengaja seperti pada umumnya. Namun bagaimanapun juga hal ini tetap berbahaya.

    • Kecelakaan 

    Inilah akibat paling fatal dari kondisi tersebut, yakni terjadinya kecelakaan. Kecelakaan yang dapat terjadi pun tidak harus dengan orang lain, namun bisa jadi kecelakaan tunggal yang bisa membahayakan pengemudi dan penumpangnya.

    Cara Mencegah Highway Hypnosis

    Setelah mengetahui bahaya dari kondisi tersebut, kini kita akan membahas bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ulasannya.

    • Menenangkan Pikiran

    Pikiran yang kacau akan membuat konsentrasi dalam berkendara menjadi berkurang sehingga fokus pun bisa menghilang. Di samping itu, pikiran yang kacau juga dapat membuat pengemudi menyetir dengan emosional sampai mengebut

    Oleh sebab itu, tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu sebelum mulai menyetir. Lakukan hal-hal yang dapat membuat pikiran Anda lebih tenang dan tidak emosional.

    • Mengobrol dengan Penumpang