Berita

    Featured Image

    Kenali Ciri - Ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih

    Aki merupakan sumber utama daya listrik untuk komponen-komponen kelistrikan mobil. Aki harus diganti kurang lebih setelah pemakaian 1-2 tahun. Namun saat hendak membeli aki yang baru, hati-hati jangan sampai Anda mendapatkan aki rekondisi atau aki bekas.

    Masih ada penjual suku cadang yang nakal, menawarkan aki mobil bekas pakai yang rusak. Mereka memperbaikinya sedemikian rupa agar aki bekas terlihat seperti aki yang masih baru. Membuat pembeli yang masih awam sulit untuk membedakannya.

    Hal ini jelas merugikan pemilik kendaraan. Meskipun aki bekas tidak membahayakan kondisi mobil. Tapi usia pemakaiannya jelas lebih pendek dan bisa membuat mobil mudah mogok. 

    Ciri-Ciri Aki Rekondisi

    Beberapa orang ada yang sengaja mencari aki seken yang di-charge ulang. Bila beruntung pemilik kendaraan bisa mendapatkan aki seken dengan kualitas yang masih baik. 

    Namun beda lagi ceritanya jika Anda mendapatkan aki yang direkondisi. Aki yang direkondisi merupakan aki yang pernah rusak kemudian diperbaiki. Kemungkinan besar aki akan kembali tidak berfungsi dalam waktu singkat. 

    Sebenarnya Anda bisa mengenali dengan mudah ciri-ciri aki mobil bekas pakai. Supaya Anda terhindar dari produk aki seken yang direkondisi, seolah aki yang baru keluar dari pabrik. Berikut ini ciri-cirinya:

    • Harga Terlampau Murah

    Ciri pertama yang mudah dikenali yaitu harga aki yang terlalu murah, di bawah harga pasaran aki mobil. Bahkan nominal harganya bisa sepertiga dari harga asli. 

    Anda jangan mudah tergiur dengan harga aki yang murah. Justru Anda patut curiga bila penjual menawarkan harga yang terlalu miring. 

    • Garansi yang Singkat

    Produsen aki mobil akan memberikan jaminan untuk konsumen, berupa garansi umumnya selama satu tahun.  Penjual aki mobil yang orisinal akan memberikan garansi resmi dari pabrik. 

    Sedangkan penjual aki rekondisi memberikan garasi singkat, yaitu dalam rentang waktu bulanan. Jika Anda menemukan penjual aki mobil yang hanya memberi garansi satu bulan atau tiga bulan, sebaiknya Anda beralih ke toko yang lain. 

    • Tampilan Aki yang Kusam dan Ada Goresan

    Sebenarnya aki bekas bisa diketahui dari tampilan luar aki yang tampak kusam dan kotor. Berbeda dengan aki baru yang memiliki warna lebih cerah dan bersih. Selain itu Anda juga bisa memperhatikan kondisi janggal lainnya.

    Seperti adanya goresan-goresan pada aki, terutama di bagian kutub. Badan aki tampak menggelembung, akibat proses kimiawi yang terjadi di dalam. Lalu antara bagian tutup dengan badan aki terlihat tidak rapat.