Berita

    Kenali Perbedaan Mobil Matic dan Manual

    Sebenarnya, apa hal yang membedakan mobil matic serta manual? Umumnya, pertanyaan seperti ini dilontarkan oleh mereka yang memiliki rencana membeli kendaraan roda empat. 

    Sekarang ini, kendaraan roda empat memiliki 2 jenis transmisi yakni matic serta manual. Umumnya, transmisi merupakan sistem yang digunakan untuk mengubah kecepatan setra tenaga putar yang berasal dari mesin di rongga, sehingga bisa menggerakkan kendaraan. 

    Sistem ini mempunyai sejumlah fungsi utama seperti membuat mobil dapat berjalan mundur, meneruskan tenaga dari kopling menuju poros propeller, membuat mobil menjadi berhenti walaupun mesin sedang menyala dan lainnya. 

    Mengenal Transmisi Mobil Matic dan Manual

    Agar lebih jelas mengenai perbedaan keduanya, berikut pengertian transmisi otomatis serta manual:

            1. Otomatis

    Memiliki istilah A/T, transmisi otomatis ini merupakan transmisi yang memiliki gigi yang dapat berpindah otomatis sesuai beban mesin dari gas pedal serta kecepatan mobil. Mobil yang mempergunakan transmisi otomatis tidak memerlukan tuas dan kopling. 

    Pengendara mobil otomatis hanya perlu menggeser tuas transmisi, dan tidak perlu menginjak pedal kopling. Sistem ini pada dasarnya memiliki sejumlah komponen seperti pedal akselerasi, brake, torque converter, manual linkage, shifting control, automatic transmission fluid dan lainnya. 

            2. Transmisi Manual

    Sesuai dengan nama yang dimiliki, transmisi manual merupakan sistem perpindahan yang dilakukan dengan cara manual dengan menginjak kopling serta menggeser persneling. 

    Sistem ini bekerja sesuai dengan rasio gigi. Sehingga, ketika pengemudi mengubah roda gigi, output kecepatan yang dimiliki mobil akan berubah. Dengan rasio gigi rendah, torsi akan lebih besar tetapi kecepatan menjadi lebih rendah.

    Perbedaan Mobil Matic serta Manual

    Berikut sejumlah perbedaan yang dimiliki kendaraan roda empat jenis matic dan manual, antara lain:

            1. Sistem Transmisi

    Seperti yang sudah disinggung di awal, transmisi matic serta manual mempunyai sistem berbeda. Mobil manual umumnya menggunakan transmisi yang membuat perpindahan gigi dilakukan dengan menginjak kopling serta menggeser persneling. 

    Kemudian untuk jenis matic, sistem ini bisa melakukan perpindahan otomatis yang sesuai tekanan gas pedal serta kecepatan mobil. sehingga, posisi gigi akan bertambah otomatis saat tekanan gas semakin meningkat.