Berita

    Ketahui Fungsi Ball Joint Pada Mobil

    Pernah mendengar komponen mobil yang bernama ball joint? Ternyata, tidak semua pemilik mobil mengenali komponen ini. Padahal, ball joint mobil berperan penting dalam sistem kemudi agar proses berkendara lebih aman dan nyaman.

    Meskipun dilupakan, komponen ini memang memiliki fungsi krusial sehingga harus dicek dan dirawat secara rutin. Jika terdapat masalah pada ball joint, maka mobil Anda tidak bisa berjalan dengan normal.

    Cara Kerja dan Fungsi Komponen Ball Joint Mobil

    Sebelum mengetahui fungsinya, sebaiknya kenali dulu bagaimana cara kerja dari ball joint pada mobil. Pada dasarnya, komponen ini bekerja sebagai sumbu roda saat mobil berbelok ke kanan dan kiri, sekaligus sebagai penghubung antara arm dan knuckle roda mobil.

    Selain itu, terdapat ball joint suspensi yang berfungsi menerima beban mobil secara lateral atau vertikal, sehingga saat menyetir dan berbelok akan terasa lebih ringan. Bisa dibilang, sistem kerjanya sama seperti mekanisme sendi putar pada lengan manusia.

    Lalu, apa saja fungsi dari komponen ball joint? Berikut ini beberapa fungsinya yang paling utama:

    • Menjaga Stabilitas Mobil

    Dalam sistem suspensi mobil, ball joint bekerja bersama dengan beberapa komponen lain, seperti tie rod, strut, dan shock absorber untuk menstabilkan gerakan mobil dan menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata.

    • Mengatur Sudut Kemudi

    Saat mobil belok, ball joint akan mengubah sudut kemudi sehingga roda dapat berbelok dengan baik. Tanpa ball joint, mobil akan menjadi tidak stabil saat berbelok dan dapat menyebabkan kecelakaan.

    • Mencegah Keausan Ban

    Ball joint mobil membantu menyeimbangkan berat mobil sehingga roda dapat bergerak dengan lancar dan menghindari ban yang cepat aus. Jika ball joint rusak, roda mobil tidak dapat bergerak lancar dan membuat ban mobil menjadi cepat aus.

    • Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

    Saat bergerak di jalan yang tidak rata, ball joint membantu menyerap guncangan dan getaran agar kenyamanan dalam berkendara tetap terjaga. Selain itu, gerakan mobil yang tetap stabil juga dapat menjaga keselamatan pengemudi saat berkendara.

    Penyebab Ball Joint Rusak

    Jika tidak dirawat dengan baik, maka seluruh bagian mobil akan mudah rusak, termasuk pula komponen ball joint. Berikut ini beberapa faktor penyebab kerusakan pada ball joint:

    • Sering Melalui Medan Sulit