Berita

    Tidak Cukup Hanya Mencuci, Berikut Tips Merawat Mobil di Rumah

    Demi menjaga performa mobil tetap baik, Anda perlu melakukan beberapa tips merawat mobil. Namun, tidak semua perawatan harus dilakukan di bengkel. Ada sejumlah tips sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menjaga performa mobil Anda. 

    Perlu diketahui bahwa merawat mobil di rumah tidak cukup hanya dengan mencucinya saja. Ada beberapa trik perawatan lainnya yang bisa dilakukan agar mobil tetap dalam keadaan prima. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

    7 Tips Merawat Mobil di Rumah dengan Mudah

    Merawat mobil di rumah sebenarnya tidak sulit dilakukan bila sudah tahu tipsnya. Oleh karena itu, mari intip tips-tips di bawah ini:

    • Panaskan Mesin secara Teratur

    Perlu diketahui bahwa mobil memiliki beberapa komponen yang harus terlumasi dengan baik, terutama pada bagian mesin. Oleh karena itu, Anda perlu memanaskan mesin mobil dengan rutin. Anda bisa melakukannya sekitar 10 menit setiap harinya.

    Selain melumasi mesin dan komponen lainnya, cara ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui kondisi mobil. Anda bisa sambil mengecek suara ataupun getaran dari mobil.

    • Pastikan Area Ruang Mesin Bersih

    Untuk menjaga kondisi mobil tetap baik, pastikan Anda selalu mengecek ruang mesin agar selalu bersih. 

    Meskipun telah dilindungi oleh kap mesin, tapi kotoran masih bisa masuk ke dalamnya. Kondisi mesin yang kotor bisa mempengaruhi kinerja dan keamanan ruang mesin.

    • Perhatikan Area Bawah Mobil

    Selain memeriksa mesin mobil, Anda juga perlu memeriksa area bawah mobil. Tindakan ini bertujuan untuk memeriksa area bawah mobil yang jarang terkontrol.

    Bila mobil dalam kondisi yang baik, Anda tidak akan menemukan tetesan yang jatuh. Tetesan ini bisa berupa pelumas mesin, minyak rem, radiator coolant, atau cairan lainnya. 

    • Ubah Posisi Parkir secara Berkala

    Ketika Anda memanaskan mobil, ada baiknya sambil berkendara walaupun dengan jarak yang pendek. Cara mudahnya yaitu dengan mengubah posisi parkir dari mobil agar berbeda dari sebelumnya. 

    Bila sebelumnya mobil menghadap depan, Anda bisa coba mengubah posisinya menjadi menghadap belakang. Tujuannya yaitu agar roda ban ikut bergerak dan tidak mudah kehilangan udara.

    • Cek Oli Mesin

    Oli mesin dibutuhkan untuk melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin mobil. Jadi, Anda tidak boleh lupa untuk selalu mengecek keadaan oli pada mobil. 

    Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu membuka tombol yang terdapat di pijakan kaki pengemudi. Lalu, angkat kap dan jangan lupa pasangkan tuas untuk menahannya. 

     

    cek oli

    Freepik.com

    • Cek Ketinggian Air Radiator

    Tips merawat mobil di rumah berikutnya yaitu cek ketinggian air radiator. Sebaiknya, lakukan ini ketika mesin mobil dalam keadaan dingin agar tidak berbahaya. 

    Anda perlu memastikan kadar air radiator berada dalam batas maksimal, jangan lebih. Bila air radiator kering, isi kembali menggunakan cairan khusus dengan bantuan corong.  

    • Cek Kondisi Wiper

    Selain mengecek air radiator, Anda juga harus mengecek kondisi wiper. Bila mobil sudah terparkir cukup lama, Anda disarankan untuk mengangkat wiper guna menjaga elastisitas karetnya.

    Selain itu, cek juga kadar air wiper secara berkala. Caranya, buka kap mesin lalu cari bak air wiper. Bila cairannya kurang, Anda harus mengisinya hingga batas maksimal. 

    Demikian beberapa tips merawat mobil yang bisa Anda lakukan di rumah. Selama perawatan di rumah, jangan ragu untuk segera membawa mobil ke bengkel bila Anda menemukan sesuatu yang janggal.