Berita

    Featured Image

    Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

    Cara mengecek mobil bekas tabrakan sebenarnya dapat dilakukan dengan pengecekan sederhana pada beberapa bagian mobil. Cara ini perlu Anda ketahui sebagai antisipasi ketika membeli mobil bekas. Jika kurang jeli, bisa saja Anda mendapat mobil bekas tabrakan.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini pembelian mobil bekas sudah semakin mudah saja. Agar tidak terjebak pada mobil bekas tabrakan, sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan teliti. Pasalnya, mobil seperti itu mungkin berisiko pada keselamatan Anda.

    Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan dengan Mudah

    Agar tidak terjebak dalam pembelian mobil bekas tabrakan, ada beberapa pengecekan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut informasinya!

    • Periksa Perbedaan Warna Cat

    Salah satu ciri paling jelas dari mobil bekas tabrakan adalah adanya perbedaan warna cat pada beberapa bagian bodi mobil. Biasanya mobil yang baru saja mengalami tabrakan akan mendapat pengecatan pada bagian yang rusak.

    Periksa Perbedaan Warna CatFreepik.com

    Pengecatan ulang seringkali dilakukan untuk menutupi bekas kerusakan. Akan tetapi, sulit untuk mendapatkan warna cat yang benar-benar sesuai dengan warna asli dari mobil tersebut. 

    Oleh karena itu, sebaiknya periksa dengan teliti bagian-bagian seperti pintu, kap mesin, dan bagian lainnya untuk melihat apakah ada perbedaan warna atau kilap pada bagian tersebut atau tidak.

    • Temukan Bekas Las

    Bekas las yang ditemukan pada rangka atau bagian bawah mobil dapat menjadi tanda kuat bahwa mobil telah mengalami perbaikan besar akibat tabrakan. Anda dapat mengecek bagian dalam kap mesin, rangka bawah mobil, dan area di sekitar roda. 

    Bila ditemukan bekas las yang tidak rata atau berbeda dari standar pabrik, dapat menunjukkan bahwa mobil tersebut pernah diperbaiki karena kerusakan struktural.

    • Cek Kondisi Dudukan Karet 

    Dudukan karet mobil yang tampak rusak atau begelombang juga dapat menjadi tanda bahwa mobil pernah mengalami kecelakaan. 

    Biasanya, kondisi ini juga akan Anda sadari ketika mobil dikendarai. Dudukan karet yang sudah rusak dapat menyebabkan mobil tidak stabil saat dikendarai. Tentunya, hal ini dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.

    • Periksa Celah Nat Mobil

    Cara mengecek mobil bekas tabrakan lainnya yaitu dengan memeriksa celah pada nat mobil. Mobil yang belum pernah mengalami tabrakan umumnya akan memiliki bentuk yang presisi, termasuk pada bagian bekas kecelakaan.

    Bagian celah yang dimaksud yaitu nat kap mesin, bumper belakang atau depan, bagasi, atau nat pintu mobil. Setelah mengalami kecelakaan, bagian tersebut biasanya tidak akan simetris.

    • Bingkai Pintu Mobil Kurang Presisi

    Bila tabrakan yang dialami oleh mobil mengenai pintu, kemungkinan bingkai pintu mobil tersebut tidak akan presisi dan sedikit penyok. Anda bisa melakukan tes dengan cara membuka dan menutup pintu berulang kali.

    Bila pintu masih stabil, artinya pintu tersebut aman. Namun, bila pintu terasa kurang pas pada saat dibuka atau ditutup, bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.

    • Periksa Posisi Kaca

    Bagian lainnya yang perlu diperiksa yaitu kaca mobil. Bila pernah mengalami tabrakan besar hingga kaca mobil pecah, tentu diperlukan penggantian kaca dengan yang baru. 

    Pemasangan kaca oleh bengkel biasanya tidak akan serapi oleh pabrikan. Untuk mengeceknya, Anda dapat mengalirkan air pada kaca. Bila air tersebut masuk ke sela-sela kaca, pemasangan yang dilakukan kurang baik.

    Cara mengecek mobil bekas tabrakan di atas dapat dilakukan sebelum melakukan transaksi dengan penjual. Jangan tergiur dengan harga murah sebelum memastikan kondisi mobil benar-benar aman!