Berita

    Tetap Fokus! Tips untuk Mengurangi Distraction di Jalan Raya

    Saat mengemudi di jalan raya, ada satu hal yang harus selalu menjadi prioritas utama, yaitu menjaga fokus pada perjalanan. Sebab, kurangnya fokus dalam mengemudi bisa berpotensi mengakibatkan kecelakaan serius.

    Biasanya, fokus yang terganggu bisa diakibatkan oleh adanya distraksi atau gangguan lain. Contohnya seperti menggunakan ponsel sembari mengemudi, munculnya rasa kantuk, lelah, dan masih banyak lagi.

    Tips Menjaga Fokus Dalam Mengemudi di Jalan Raya

    Dalam menghadapi lalu lintas yang padat dan beragam gangguan di jalan raya, menjaga fokus adalah kunci keselamatan yang paling utama. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan, berikut ini berbagai tips penting untuk Anda terapkan:

    1. Gunakan Ponsel Hanya untuk Situasi Darurat

    Menghindari penggunaan ponsel selama mengemudi adalah salah satu langkah kunci untuk menjaga fokus dalam mengemudi. Pasalnya, smartphone merupakan salah satu sumber distraksi utama di jalan raya.

    Dalam kondisi normal ponsel sebaiknya tidak pernah dipegang atau digunakan saat berkendara. Kecuali jika Anda ingin memanfaatkannya untuk melihat rute di aplikasi maps online, atau pada kondisi darurat tertentu.

    2. Hindari Aktivitas Multitasking

    Aktivitas multitasking seperti menelepon, mencari lagu di radio, atau mengetik pesan saat mengemudi sebaiknya dihindari, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat. Ingat, fokus utama pengemudi harus selalu berada pada jalan raya dan kemudi.

    Freepik

    Jika Anda ingin melakukan aktivitas lain, seperti menelepon, sebaiknya lakukan saat sedang berhenti di tempat yang aman. Kalaupun terpaksa harus melakukan aktivitas tertentu sambil mengemudi, pastikan untuk selalu berhati-hati.

    3. Beristirahat secara Teratur pada Perjalanan Panjang

    Saat melakukan perjalanan jarak jauh, penting untuk merencanakan istirahat secara teratur. Pasalnya, rute yang panjang dan monoton seperti saat melalui jalan tol bisa membuat pengemudi merasa bosan dan mengantuk.

    Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berhenti sekitar setiap dua jam atau setelah menempuh jarak 160 kilometer. Waktu istirahat selama minimal 15 menit dapat membantu menyegarkan tubuh dan menjaga fokus saat melanjutkan perjalanan.

    4. Segera Menepi Jika Merasa Mengantuk