Berita

    Tips Memilih dan Merawat Wiper Blade yang Tepat

    Wiper blade mobil merupakan komponen krusial yang berfungsi menjaga visibilitas dan keselamatan Anda saat berkendara, terutama dalam cuaca yang kurang bersahabat. Namun, banyak yang tidak memperhatikan komponen ini, sehingga kinerja wiper menurun.

    Saat kinerjanya turun, ia tidak bisa memberikan manfaat sebaik biasanya. Misalnya saja fungsinya untuk membersihkan kaca mobil jadi tidak maksimal.

    Ini menyebabkan risiko berkendara di cuaca buruk lebih tinggi. Karena itulah penting sekali merawat dan memilih komponen yang berkualitas.

    Tips yang Tepat Merawat Wiper Blade Mobil

    Karena peran pentingnya, penting sekali untuk memberikan perawatan yang tepat agar bilah wiper ini dapat bekerja dengan baik. Yuk, intip tips perawatannya!

    Bersihkan Wiper

    Rutin membersihkan wiper mobil dapat menghindari penumpukan kotoran dan debu pada bagian karet blade

    Langkah ini sederhana, tapi mampu meningkatkan durabilitas wiper dan memaksimalkan performanya dalam menjaga visibilitas Anda saat mengemudi.

    Jangan Gunakan Wiper saat Kaca Mobil Kering

    Jangan menyalakan wiper saat kaca mobil kering. Ini bisa mempercepat kerusakan pada bilah wiper dan mengurangi kemampuan pembersihannya yang efektif.

    Sebelum digunakan, basahi dulu kaca mobil dengan air atau campuran pembersih untuk menjaga performa dan daya tahan bilahnya.

    Gunakan Cairan Pembersih Khusus

    Menggunakan solusi pembersih khusus untuk kaca mobil dapat memberikan hasil pembersihan terbaik. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada wiper blade

    Perlakukan Wiper dengan Baik

    Jangan meninggalkan blade menempel terlalu lama pada kaca mobil saat tidak digunakan. Perlakuan ini dapat mencegah blade cepat aus.

    Pexels

    Tips Memilih Wiper Blade Mobil yang Sesuai

    Bagaimana Anda memastikan wiper mobil yang dipilih tak hanya aman tapi juga cocok dengan tipe mobil milik Anda? Berikut adalah daftarnya:.

    Simak Rekomendasi dan Saran Pabrikan

    Masing-masing mobil dilengkapi dengan spesifikasi wiper tertentu yang direkomendasikan oleh pabrikan. Saat memilih wiper blade mobil yang pas, pastikan dari ukuran, tipe wiper, jenis blade, hingga tingkat tekanan yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

    Pilih Jenis Wiper

    Ada tiga varian utama yang banyak digunakan pada mobil. Dan, masing-masing dari varian tersebut mempunyai kelebihan dan keunggulannya. Jenis wiper blade itu adalah:

    • Konvensional

    Tipe wiper ini dilengkapi dengan rangka yang menghubungkan arm dan blade. Lebih stabil dan lebih ekonomis, namun kurang memberikan fleksibilitas dalam gerakan pembersihannya.

    • Frameless

    Punya rangka tambahan, jadi ia terikat langsung dengan arm, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih baik dalam pembersihan. Jenis wiper ini lebih awet dibandingkan dengan tipe konvensional, tapi lebih mahal.

    • Hybrid

    Gabungan dari kedua jenis wiper di atas. Desainnya mirip frameless tapi bilahnya didukung oleh dudukan seperti pada wiper konvensional.

    Pilih Jenis Bahan Wiper Blade

    Ada dua bahan utama digunakan untuk wiper blade yaitu silikon dan karet. Wiper berbahan karet banyak digunakan pada mobil-mobil lama dan cenderung kurang tahan terhadap panas.

    Sementara itu, silikon menawarkan durabilitas dan fleksibilitas yang lebih. Ia biasanya ditemukan pada wiper jenis frameless.

    Perhatikan Bentuk Blade

    Wiper dibedakan berdasarkan bentuknya, yakni flat bed dan beam. Flat bed efektif menghilangkan material padat seperti salju atau debu, tapi ia sudah jarang digunakan di mobil modern. Dan, blade beam menjadi lebih dominan karena fleksibilitasnya serta mampu bersihkan kotoran dengan baik.

    Itu dia tips dan panduan memilih wiper blade mobil yang pas. Satu lagi, toko-toko otomotif biasanya menjual blade dan arm wiper terpisah. Perhatikan tipe sambungannya jika Anda hanya ingin mengganti blade-nya saja.