Berita

    Cara Aman Berkendara Saat Terik Matahari

    Mobil menjadi kendaraan yang dipilih banyak orang terutama ketika bepergian pada cuaca yang panas. Namun meski sudah menggunakan mobil, terkadang sinar matahari tetap dapat mengganggu. Lalu, bagaimana tips berkendara saat terik matahari?

    Terik matahari tidak hanya membuat udara dalam kabin terasa lebih panas, namun juga dapat mengganggu penglihatan pengemudi. Agar perjalanan Anda tetap nyaman tanpa terganggu oleh teriknya matahari, simak tips aman berkendara berikut ini.

    Tips Berkendara Saat Terik Matahari

    Sebenarnya mobil Anda dilengkapi dengan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari saat berkendara. Apa saja? Berikut ulasannya.

    • Manfaatkan Sun Visor

    Yang pertama Anda bisa mengurangi silau matahari saat berkendara dengan memanfaatkan sun visor. Apa itu sun visor? Sun visor adalah alat pelindung yang biasanya terletak di bagian atas kaca depan atau di atas kursi penumpang depan dan pengemudi. 

    Alat ini didesain untuk mengurangi silau matahari yang dapat mengganggu visibilitas pengemudi serta meningkatkan kenyamanan penumpang saat terik matahari. 

    Biasanya sun visor juga dilengkapi dengan cermin yang bisa dijadikan sebagai cermin tambahan.

    Cara menggunakan sun visor sangat mudah yaitu dengan memegang bagian tengahnya kemudian turunkan sampai menutupi silau matahari. 

    • Memasang Kaca Film Mobil

    Selain menggunakan sun visor, Anda juga bisa mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam mobil dengan memasang kaca film. Kaca film untuk mobil biasanya berwarna hitam gelap dan dipasang di bagian dalam kaca.

    Kaca film berfungsi untuk mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam mobil. Dengan adanya alat ini udara panas dan silau matahari yang mengganggu mata dapat berkurang sehingga perjalanan lebih nyaman. 

    Apabila Anda menggunakan kaca film, jangan lupa untuk rutin menggantinya sehingga dapat menghalau sinar matahari yang masuk ke mobil dengan maksimal. 

    • Membuka Jendela Mobil

    Tips berkendara saat terik matahari berikutnya adalah membuka kaca jendela mobil. 

    Saat terik matahari mungkin Anda akan langsung menyalakan AC begitu naik mobil. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat karena menyalakan AC dan mesin mobil secara bersamaan dapat memberikan beban kerja yang lebih berat pada mesin. 

    Ketika memasuki mobil pertama kali baik setelah diparkirkan di bawah terik matahari atau saat mobil belum digunakan sama sekali maka sebaiknya Anda membuka semua kaca mobil. 

    Membuka kaca dapat mengeluarkan udara panas yang terperangkap dalam mobil dan menjaga sirkulasi udara di dalam mobil tetap segar dan bersih. 

    Jika mesin mobil sudah panas, Anda bisa menyalakan AC dan menutup kembali kaca jendela mobil.

    • Memakai Kacamata

    Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan dan Anda merasa sinar matahari masih mengganggu mata Anda, maka tidak ada salahnya Anda memakai kacamata. 

    kaca mata hitamfreepik.com

    Kacamata hitam dapat menjadi alat pelindung mata tambahan dari silaunya sinar matahari.

    • Menutup Mobil dengan Body Cover

    Saat terik matahari, maka sebaiknya Anda hindari memarkirkan mobil di area terbuka atau terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tidak hanya dapat membuat kabin terasa panas, sinar matahari juga dapat merusak lapisan kaca film dan cat bodi mobil.

    Jika terpaksa memarkirkan mobil di area yang panas, maka sebaiknya tutup mobil Anda dengan body cover atau sarung mobil. 

    Itulah beberapa tips berkendara saat terik matahari yang bisa Anda coba. Pemasangan kaca film atau modifikasi sun visor bisa dilakukan di bengkel resmi. Bagi Anda yang ingin melakukan pemasangan kaca film atau sun visor bisa kunjungi suzukigalesong.id