Berita

    Tips Cara Cek Kondisi Sabuk Pengaman

    Seat belt merupakan salah satu fitur keamanan yang penting pada mobil. Itu sebabnya setiap pemilik mobil harus memastikan kondisinya tetap terjaga dengan cara cek sabuk pengaman secara berkala sehingga tetap bisa berfungsi secara maksimal. 

    Dengan adanya fitur ini, baik pengemudi maupun penumpang akan terhindar dari terpental dan membentur kabin mobil saat terjadi kecelakaan. Bahkan, terdapat aturan resmi dalam menggunakan sabuk pengaman. 

    Jika ada yang dengan sengaja tidak mengenakan seat belt dengan alasan tidak nyaman, maka siap-siaplah untuk ditilang. Lantas, bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman yang tepat dan cara mengecek kondisinya? Berikut informasinya.  

    Begini Cara Mudah Cek Sabuk Pengaman  

    Sebagai pemilik kendaraan, jangan sepelekan kondisi sabuk pengaman karena fungsinya pun sangat krusial. Untuk mengetahui performa dari fitur keselamatan ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Cek Kondisi Fisik

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi fisik dari sabuk pengaman itu sendiri. Caranya adalah dengan melihat apakah telah muncul tanda-tanda kerusakan fisik. 

    Misalnya, bagian kepala sabuk tidak berfungsi dengan baik, kain sabuk terlilit, terdapat gumpalan benang mulai dari tepi hingga tengah sabuk, dan lain sebagainya. 

    Semua itu menandakan bahwa sabuk pengaman mulai mengalami kerusakan karena faktor usia. Selain membuat tampilan seat belt kurang menarik, kemampuannya dalam menahan tubuh penggunanya pun sudah berkurang. 

    Untuk itu, bila Anda menemukan tanda-tanda fisik tersebut setelah cek sabuk pengaman, segera lakukan penggantian agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

    • Lakukan Tes Sederhana

    Untuk mengecek kondisi sabuk pengaman, Anda bisa melakukan tes sederhana, yaitu menariknya dengan cepat.  

    • Bila tertahan, artinya kualitas sabuk pengaman masih prima. 
    • Bila langsung terlepas, ini menandakan kualitasnya telah berkurang dan perlu dilakukan penggantian. 
    • Bila tertahan namun tidak bisa kembali di posisi semula, ada kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. 

     

    • Cek dengan Scanner OBD

    Anda bisa cek sabuk pengaman dengan memanfaatkan scanner OBD (Scanner On–Board Diagnostic). Fungsi scanner ini adalah untuk mendiagnosis dan memonitor kondisi sabuk pengaman apakah kondisinya masih baik atau rusak rusak. 

    Pixabay
    • Cek Locking Retractor